Minggu, 01 Agustus 2010

Sambutan


Bismillahi Rahmanirrahim
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Seandainya dunia ini bebas sampah, barangkali kami tidak perlu ada. Kenyataannya, sampah selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Berbagai masalah timbul akibat sampah di lingkungan kita. Mulai dari sampah yang dibuang sembarangan, sampai bencana di tempat pembuangan akhir sampah yang merenggut nyawa manusia, sudah menjadi fenomena keseharian bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu sumber sampah, setiap rumah tangga perlu ikut berperan dalam menangani sampah. Jika dilakukan bersama dengan segenap masyarakat, upaya menangani sampah dapat memberi manfaat yang besar bagi kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Salah satu proses penting untuk melakukan perubahan adalah melalui pemahaman dan pengetahuan, atau perubahan paradigma tentang “kelola sampah” terutama bagi para kader yang akan menjadi penggerak berbagai kegiatan di masyarakat. Termasuk kader penyuluh pertanian di desa, karena program kelola sampah ini akan sinergi dengan sendirinya dengan program pertanian dan proses menuju kemandirian masyarakat (akan terbuka peluang usaha baru). Hal inilah yang merupakan visi atau substansi dari program pro green (Indonesia go Green) yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia dan dunia internasional (isu global).

Kepada Manajemen Ponpes Al-Izzah Kota Balikpapan, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dengan pihak kami GIH Foundation dan Asrul Program Communication, dalam rangka penyajian situs ini, untuk menjadi bahan acuan materi pelatihan yang menarik dan efektif untuk para kader pengelola lingkungan.

Modul progreen (ramah lingkungan) nantinya akan disajikan dalam situs ini, diharapkan para kader progreen memahami program ramah lingkungan, serta dasar dan praktik pengelolaan sampah berbasis masyarakat sehingga mampu menyampaikan pesan hidup bersih dan sehat secara efektif kepada masyarakat dan Insya Allah akan menuju mandiri ekonomi, mandiri pangan dan mandiri energy yang bermoral, dan berakhlak terkhusus kepada santri Pondok Pesantren Al-Izzah dan keluarganya, Petani atau pekebun dan masyarakat di Kota Balikpapan dan umumnya di Indonesia.

Program jasa lingkungan yang akan disajikan dalam "rumah silaturrahim" ini berdasarkan berbagai referensi dan pengalaman (empiris) dalam program Pengelolaan Sampah Kota dan Limbah Pertanian Berbasis Komunal (masyarakat) di beberapa kabupaten/kota di Indonesia serta mancanegara, yang telah kami inisiasi, dimana didalam aplikasi pupuk dan pemupukan akan di dukung oleh PT. Cipta Visi Sinar Kencana, Bandung. sebagai perusahaan principal dan formulator serta NGO Posko Hijau, Bandung. Indonesia.

STOP GLOBAL WARMING
Bersahabatlah dengan bumi, karena bumi adalah saudara kembar kita

Wassalam,
GIH Foundation

H.Asrul Hoesein
Direktur Eksekutif 

Head Office :
Asrul Program Communication & GIH Foundation

Tidak ada komentar: