Minggu, 01 Agustus 2010

Sambutan



SELAMAT DATANG 
di "RUMAH SILATURRAHIM" 
LM3 MODEL PONPES "AL-IZZAH"


Bismillahi Rahmanirrahim
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Telah disadari bersama, bahwa sasaran utama pembangunan adalah pembangunan manusia. Tanpa ada perubahan yang terjadi dalam diri manusia, maka mustahil tujuan pembangunan dapat tercapai. Apalagi yang akan dicapai adalah perbaikan masyarakat secara terus menerus (sustainable). Sehingga pembangunan agama, fisik dan ekonomi yang dilaksanakan menjadi kurang berarti jika tidak dibarengi dengan pembangunan manusianya, terkhusus pembangunan moral dan akhlak.

Pengetahuan masyarakat bermacam-macam dan berbeda-beda. Kemampuan untuk mengikuti informasi dari luar juga berbeda-beda. Kemampuan untuk menerima teknologi juga menjadi berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik dari masyarakat sasaran atau masyarakat setempat (global thinking and local action). Sering terjadi, kegiatan penyuluhan atau program pembangunan, khususnya pembangunan pertanian, terlebih menuju pertanian organic Indonesia, yang diberikan tidak dibutuhkan oleh sasaran. Sehingga masyarakat tidak menerima atau bahkan menentang program yang diberikan.

Dengan program yang akan dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Terpadu PONDOK PESANTREN “AL-IZZAH” melalui Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3) Model Ponpes Al-Izzah, Kota Balikpapan ini, diharapkan dapat mendeskripsikan langkah praktis metode pelaksanaan usaha dengan pendekatan partisipatif yang berorientasi pada keinginan, kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Sehingga penyusunan program pelatihan usaha  dan keterampilan nantinya berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan sistem komunal  (basis kemasyarakatan). Konsep dan aplikasi program ini dapat dilaksanakan secara komunikatif dan lebih bermanfaat bagi masyarakat, juga terhadap pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Timur ini khususnya, serta Indonesia pada umumnya.

Terima kasih kami ucapkan kepada Gerakan Indonesia Hijau (GIH) Foundation dan Asrul Program Communication (APC) yang telah membantu kami dalam memenuhi tuntutan zaman atau perkembangan teknologi informasi yang semakin mengglobal, sehingga situs atau website Yayasan Pendidikan Islam Terpadu  Pondok Pesantren “AL-IZZAH” dapat hadir dan disajikan disini.

Terima kasih pula kami sampaikan kepada Kementerian Agama dan Kementerian Pertanian RI. yang telah mempercayakan Pondok Pesantren “AL-IZZAH” selaku salah satu LM3 Model di Indonesia. Serta terima kasih pula kepada; Gubernur Kalimantan Timur, Bapak Drs. H. AWANG FAROEK ISHAK, MM, M.Si,  Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Bapak Drs. H. FARID WADJDY, M.Pd, Walikota Balikpapan, Bapak H. Imdaad Hamid.SE serta Wakil Walikota Balikpapan, Bapak H.M. Rizal Effendi, SE. serta seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kota Balikpapan.

Diharapkan kepada para santri/santriwati Ponpes Al-Izzah beserta keluarganya, serta masyarakat Indonesia dan mancanegara pada umumnya dapat mengikuti dan sharing termasuk informasi aktifitas pondok pesantren serta aktifitas pada LM3 di weblog atau di "rumah silaturrahim" ini. Karena kami hadir disini bersama Anda dan untuk Anda.

Mari kita adakan perubahan untuk berubah, demi Indonesia Damai, Sejahtera dan bermoral.
Jika bukan kita, siapa lagi?
Jika bukan sekarang, kapan lagi?

Wassalam,
Balikpapan, 1 Agustus 2010
Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat
(LM3) Model Ponpes Al-Izzah.
cap/tertanda
Drs. Ery Supardi
Ketua

Tidak ada komentar: