Jumat, 06 Agustus 2010

Teknologi Komposter BioPhoskko Makin Diterima Publik

Tak disangka jika suatu teknologi - yang hanya dalam bilangan belasan bulan di kenalkan kini telah makin diterima masyarakat. Itulah teknologi komposter Biophoskko®- alat pembuat kompos sekaligus pengolah sampah.
Komposter BioPhoskko® yang di launching ke masyarakat hanya selang 2-3 hari sejak bencana longsor sampah di TPA Sampah Leuwigajah Cimahi Jawa Barat, tepatnya tanggal 25 Februari 2005 lalu, kini telah mendapat tempat di kalangan beberapa "public figur" - yakni pejabat dan bahkan artis. Dalam kesempatan mengunjungi pameran Hari Keluarga ( Harganas XIII) di Bogor, Drs. Danny Setiawan, MSi- sebagai orang nomor satu Jawa Barat atau Gubernur Jawa Barat ini berkenan berkunjung dan berbincang beberapa lama di stand KencanaOnline menanyakan hal ihwal teknologi komposter pengolah sampah ini. Tidak hanya Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD Jawa Barat Drs. H Ruslan, kemudian Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Paiman serta Deputi BKKBN Drs Imam Haryadi, MSc juga bersama-sama menyambangi dan memberi perhatian pada alat komposter skala rumah tangga yang dipamerkan di kesempatan tersebut.

Di kesempatan dan saat terpisah, PT CV SINAR KENCANA- sebagai produsen alat dan bahan pengolahan sampah ini tidak kurang merasa tersanjung. Ceritanya suatu hari, Pikiran Rakyat edisi Minggu, 11 Juni 2006, memuat tulisan Dewi "Dee" Lestari tentang "Berburu Kompos". Di tulisan tersebut, Dewi Dee memuat pendapatnya kalau komposter saat ini hanya ada di Jalan Pungkur. Bukan main ! Seorang artis Dewi Lestari Simangunsong - yang akrab dipanggil Dee - dulu dikenal sebagai seorang penyanyi yang tergabung dalam Trio RSD (Rida Sita Dewi) mau-maunya menulis dan memperhatikan pengolahan sampah mandiri di rumah. Maka diupayakanlah mencari no HP si artis cantik ini, diantaranya melalui wartawan dan Pemimpin Redaksi PR - yang menjadi relasi Direktur CVSK- untuk upaya sekedar mengucapkan terimakasih atau "say hello". Namun belum sempat terhubungi, dan saat itu Sonson Garsoni- Direktur CVSK hanya bisa kirim sms, rupanya artis cantik ini memang dasarnya berfikir serius soal sampah. Suatu siang tanpa berita dan janjian sebelumnya, Dewi Dee Lestari sendirian datang juga ke kantor CVSK - di bilangan jalan Pungkur ini. Maka perbincangan jadi lama dan asyik, maklum wanita cerdas yang mampu menulis novel non - fiksi best seller di usia muda ini, Dewi- yang kemudian juga diketahui adalah keponakan dari Paian Siaahan, SH - pengacara beken relasi Direktur CVSK- tak pernah kehabisan bahan perbincangan. Ujungnya.............................sang Direktur CVSK mendapat "green light" kalau Dewi Dee Lestari- suatu saat menjadi "endoser" Green Phoskko®.
Kini, Dewi Dee yang namanya termasuk dalam jajaran penulis hawa yang diperhitungkan di belantara dunia sastra Indonesia setelah ia meluncurkan novel “Supernova Satu”: dan terlahir di Bandung, 20 Januari 1976, dengan sukacita memulai mengolah sampah secara mandiri di rumahnya yang asri dan besar di bilangan Awiligar Bandung ini.
Keberuntungan si komposter Biophoskko® di bulan Juni ternyata masih berlanjut hingga Juli. Saat pameran Cooperative Fair di lapangan Gazibu Bandung, secara agak mendadak, peminat komposter dari Brunei Mr Zainuddin Hj Bin Tuah - yang mantan Menteri Perindustrian Brunei Darussalam- dan kini memimpin syarikat Undang Jaya ini, juga berkeinginan segera mengimpor komposter ini bagi kepentingan olah sampah di Brunei. Rupanya kesertaan CVSK pada pameran " East Asean Growth Area" di Brunei tahun 2005 lalu membuahkan hasil satu tahun kemudian. Bahkan bukan hanya ke Brunei, di bulan Juli, atas biaya dan undangan Syarikat Konsortium Melayu Selayang Berhard (KMSB) yang berminat impor untuk ikut mengatasi masalah pepejal di negri Malaysia- khususnya Kuala Lumpur.
Maka digelarlah upacara penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Syarikat Undang Jaya dengan PT CV SINAR KENCANA guna ekspor segera ke negara Brunei dengan mendapat liputan luas dari berbagai media cetak seperti Sinar Harapan, Kompas, Bisnis Indonesia, PR, Gala, Republika dan Tribun serta TVRI, SCTV, CitiChannel dan Bandung TV ini.
Kalau sudah banyak silaturahmi dengan pejabat dan artis, kayaknya komposter Biophoskko® bisa jadi primadona produk CVSK di masa kini dan masa depan. Semoga aja ya,....... ....amiiiiiin.*****)

Tidak ada komentar: